Articles, Informasi

7 Penyakit Akibat Jarang Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah secara menyeluruh  memang butuh waktu khusus dan keterampilan. Namun hal itu bisa dihindari dengan membersihkannya secara rutin. Karena jika kamu membersihkan hanya sesekali saja, debu akan lebih sering tertinggal dan dapat mengakibatkan hal buruk terjadi. Mulai dari tampilan dalam rumah tak sedap dipandang, bau yang tak sedap hingga penyakit.

Berikut kami berikan gambaran penyakit apa saja yang bisa kamu alami karena kamu jarang membersihkan Rumah:

  1. Bronkitis

Bronkitis memang bisa disembuhkan, tapi bisa juga mengakibatkan kompilkasi bila dibiarkan. Bila si kecil atau Anda sering menderita penyakit ini, coba periksa jendela Anda. Tirai yang telah lama tidak dicuci atau kerai jendela yang berdebu bisa menjadi penyebabnya. Debu yang menempel di tirai atau kerai akan menyebar ke seluruh ruangan ketika angin bertiup dari jendela. Akibatnya, udara dalam ruangan pun mengandung bakteri.

  1. Flu

Kita seringkali menyalahkan cuaca sebagai penyebab flu. Padahal, flu disebabkan oleh virus dan penyebarannya bisa melalui udara atau barang yang terkontaminasi virus flu. Oleh karena itu, bila salah seorang anggota keluarga menderita flu, anggota keluarga lainnya akan ketularan. Jauhkan keluarga Anda dari penyakit ini dengan cara membersihkan benda-benda yang biasa disentuh penghuni rumah ketika sampai di rumah, yaitu pegangan pintu.

  1. Sinusitis

Sama seperti flu, sinusitis sebenarnya tidak berbahaya. Namun bisa berubah menjadi penyakit kronis bernama meningitis bila tak segera ditangani. Sinusitis biasanya muncul setelah seseorang menderita flu, atau bisa juga karena terpapar debu. Selain perabotan rumah dan jendela, jangan lupa bersihkan plafon Anda dari debu. Debu di plafon kamar tidur bisa masuk ke saluran pernafasan saat Anda sedang tidur. Akibatnya, Anda akan bersin-bersin ketika bangun tidur.

  1. Diare

Di dapur kita menyiapkan makanan untuk konsumsi sehari-hari. Bau amis daging sapi atau ikan mentah mungkin akan menggoda lalat hijau masuk ke dapur dan hinggap di makanan atau peralatan makan. Kita tidak tahu si lalat sudah hinggap di mana saja, dan kuman yang menempel di kakinya bisa masuk ke tubuh saat kita makan makanan atau menggunakan peralatan makan yang dihinggapi lalat. Cegah kunjungan si lalat dengan segera membersihkan sisa bahan makanan mentah, terutama daging hewan.

  1. Tifus

Tifus adalah penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini biasanya bersarang di daging binatang atau telur yang belum diolah. Namun tidak menutup kemungkinan bakteri salmonella mengkontaminasi bahan makanan saat dicuci di bak cuci piring. Meski terpapar air setiap hari, bukan jaminan bak cuci piring bersih dari bakteri. Gosok dan sikat bak cuci piring setiap kali Anda selesai memasak, terutama setelah membersihkan daging binatang mentah di bak cuci piring.

  1. Alergi Debu

Kita sering mengira bersin-bersin dan hidung berlendir yang menjadi gejala alergi debu terjadi karena perabotan di rumah sangat berdebu. Faktanya, justru membersihkan rumah secara besar-besaran justru menjadi pemicunya. Debu yang beterbangan dari segala penjuru rumah menyebabkan udara di dalam rumah penuh debu, lalu terhirup oleh saluran pernafasan Anda. Membersihkan rumah secara teratur setiap beberapa hari sekali itu lebih baik karena saluran pernafasan kita tak akan terganggu debu berlebihan.  

  1. Malaria

Malaria diakibatkan gigitan nyamuk anopheles dan bisa berujung kematian. Nyamuk anopheles berkembang biak di air jernih yang tergenang dan sering bersembunyi di balik barang-barang tak terpakai yang dibiarkan teronggok di sudut rumah. Selain membersihkan lantai dalam rumah, bak mandi, pot-pot tanaman air, dan akuarium secara teratur, jangan biarkan barang-barang bekas atau rusak memenuhi ruangan. Segera singkirkan ke tempat pembuangan, jual ke tukang loak, atau berikan pada yang membutuhkan.

Maka dari itu selalu gunakan SuperMOM Karbol Sereh untuk kebersihan lantai dan keramik dalam rumahmu. Terbukti 99% Membunuh Kuman dan Ampuh Usir Nyamuk. Jadi penyakit-penyakit diatas bisa dihindari dengan proteksi SuperMOM dari dalam rumah.

 

Sumber: homify

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.